Breaking News
Loading...
Senin, 15 Februari 2016

Beberapa Cara Menjaga Usus Agar Tetap Sehat

01.08
Tahukah Anda? Selama ini mungkin kita tidak sadar jika organ pencernaan kita -Usus- tidak sehat, hal ini di karenakan organ yang satu itu berada di dalam perut kita dan tentunya tidak terlihat oleh indera penglihatan kita selama ini, nah, oleh sebab itu, kita tidak tahu menahu bagaimana kabar usus kita di dalam perut sana.

Namun, tahukah anda, ada beberapa cara menjaga Usus agar tetap sehat di dalam perut kita itu? Di bawah ini, adalah beberapa cara menjaga usus agar tetap sehat, yang mungkin juga bisa anda lakukan agar Usus anda tetap sehat selalu, yuk, simak

Beberapa Cara Menjaga Usus Agar Tetap Sehat



Di kutif dari kabarimbo.com berikut ini adalah beberapa cara menjaga usus agar tetap sehat:

1. Sebarkan waktu makan
Sebagaimana yang dikutip dari laman Care2, ahli gizi Georgianna Donadio, PhD, mengatakan bahwa perut yang kosong bisa menimbulkan nyeri dan kembung. Oleh karena itu, kita perlu menyebar waktu makan menjadi 3 kali makan besar dan 2 makan ringan per hari.

2. Memperbanyak konsumsi serat setiap hari
Selain berfungsi untuk mencegah gangguan pencernaan, serat juga mempunya fungsi yang penting bagi kesehatan tubuh secara umum. Kita dianjurkan untuk mengonsumsi serat sebanyak 25 hingga 38 g gram sehari. Kita bisa menambah asupan serat dengan menambah konsumsi sayur, buah, sereal whole grain, juga kacang-kacangan yang kaya akan kandungan serat.

3. Hindari stres dan rileks
Tahukah anda bahwa stres juga berpengaruh buruk terhadap sistem pencernaan? Tubuh akan merespon stres dengan cara mengurangi aliran darah ke perut dan menurunkan produksi enzim-enzim pencernaan, serta memperlambat proses pencernaan. Akibatnya, kita akan merasa perut kembung dan juga memicu konstipasi. Karena itu, sebaiknya hindari stress dan perbanyak menghabiskan waktu untuk santai/rileks.

Itulah 3 cara untuk menjaga usus agar tetap sehat, kesehatan memang ada pada diri kita sendiri, hanya saja, tinggal kita me manage saja, apakah kita akan membawa hidup kita pada kesehatan yang baik dan benar, atau, malah menjerumuskan diri kita sendiri pada sebuah penyakit, tinggal memilih.

Terkadang apa yang kita abaikan akan berakibat fatal pada kesehatan kita sendiri, mungkin usus tidak terlihat, namun, alat pencernaan yang satu itu, hidup dalam tubuh kita dan perlu di perhatikkan kesehatannya, yuk, mulai lah menjaga usus kita sebelum penyesalan datang, karena usus memburuk.


Terimakasih atas kunjungannya, selamat mencoba dan semoga sehat selalu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer