Breaking News
Loading...
Senin, 01 Februari 2016

Beberapa Penyebab Yang Bisa Menyebabkan asam Lambung naik

Asam Lambung atau penyakit maag mungkin sering sekali kita mendengarnya, namun, tahukah anda, ternyata, ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan asam Lambung naik  dan menyebabkan penyakit maag kita menjadi parah? Ingin tahu? Yuk, selengkapnya di bawah ini

Beberapa Penyebab Yang Bisa Menyebabkan asam Lambung naik




Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah masalah yang cukup umum terjadi di masyarakat. Kondisi ini disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung (aladoker.com)

Di bawah ini merupakan beberapa penyebab asam lambung naik


  • Orang yang mengalami kekurangan vitamin dan mineral rentan terhadap gangguan asam lambung. Vitamin dan mineral penting untuk menjaga keseimbangan asam lambung sehingga tubuh menjadi nyaman.
  • Orang yang sedang diet ketat rentan untuk mengalami gangguan asam lambung. Diet yang tidak memperhatikan keseimbangan nutrisi untuk tubuh akan membuat produksi asam lambung terganggu. Orang yang sedang diet umumnya memiliki asam lambung yang terlalu tinggi.
  • Konsumsi makanan yang terlalu pedas bisa memicu naiknya asam lambung dan menyebabkan nyeri pada lambung. Makanan pedas akan meningkatkan asam lambung namun jumlah tersebut tidak memiliki manfaat yang baik karena akan membuat penderita merasa sakit perut dan gangguan pencernaan lain.
  • Kurangnya penyerapan nutrisi pada lambung. Hal ini disebabkan karena asupan yang kurang mengandung hipoklorida sehingga lambung tidak bisa memproduksi asam lambung.
  • Gangguan emosi seperti stres. Stres menjadi salah satu penyebab naiknya produksi asam lambung yang sering menjadi penyakit maag atau gangguan lambung.
  • Kebiasaan mengkonsumsi alkohol yang berlebihan. Alkohol memiliki efek yang sangat buruk untuk lambung karena bisa menghentikan sistem kerja sel dalam lambung yang menghasilkan asam lambung.
  • Infeksi bakteri (helicobacter pylori) yang menyebabkan tubuh tidak dapat menghasilkan asam lambung. Bakteri ini bisa masuk ke tubuh manusia dari makanan atau minuman yang kurang bersih.
  • Orang lanjut usia lebih rentan terhadap gangguan asam lambung karena sistem tubuh mereka tidak bisa memproduksi asam lambung yang seimbang, karena itu mereka lebih rentan kembung atau diare.
  • Konsumsi makanan yang mengandung serat berlebihan. Serat dapat menyebabkan organ pencernaan membutuhkan waktu khusus untuk mencerna makanan dan hal ini akan membuat produksi asam lambung terus meningkat.
  • Kanker yang menyerang pada lambung. Jenis kanker yang menyerang lambung juga dapat menyebabkan produksi asam lambung yang berlebihan.
  • Waktu makan yang tidak teratur. Orang yang makan secara tidak teratur dapat menyebabkan gangguan sistem pada pencernaan. Hal ini dapat terjadi karena jarak waktu kerja sistem pencernaan yang terlalu jauh sehingga menyebabkan kenaikan asam lambung.
  • Orang yang istirahat secara tidak teratur atau sering kurang tidur memiliki potensi yang bersat untuk memproduksi asam lambung yang berlebihan.
  • Konsumsi kafein yang berlebihan. Kafein yang berasal dari kopi bisa meningkatkan asam lambung karena memicu produksi asam lambung yang berlebihan (baca : Bahaya kopi & Bahaya Kafein. (sumber: halosehat.com).

Nah itu dia beberapa hal yang menyebabkan asam lembung menjadi naik, untuk anda yang memang memiliki riwayat penyakit maag tersebut ada baiknya menghindari beberapa hal di atas, yuk sehat di mulai dari hari ini, jika tidak hari ini, apa mungkin kita masih menatap hari esok dengan kesehatan?


0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer